Friday, March 20, 2015

Tan’s Kopitiam Pekanbaru



Awalnya gue difollow sama account IG-nya @tanskopitiam ini. Cuma gak langsung gue approve. Gak lama si Chigun bilang ada mie yang kayaknya enak di IG, namanya tan’s kopitiam. Walhasil, gue approve juga akhirnya ini acc. Gue liat foto yang dimaksud si Chigun. Bentuknya beda sih dari mie kebanyakan, sama kayaknya porsinya gede. Udah berapa kali dia ngajakin ke sini, tapi gak jadi-jadi. Sampe akhirnya pas 18 Maret’15,  kami ke sana. Udah nawaitu banget dari kemarennya, nyusun strategi ini-itu (banyak gayaa). Jadinya kami mutusin buat sarapan ke sana. Pas banget jam 10, kami udah sampe di depan rukonya yg ada di dalam kompleks RBC ini. Tapi tutup rupanya, kita bingung kan. Soalnya di bio IG ditulis open-nya jam 10 pagi, tapi kok ini masih tutup. Bingung mau ke mana dan ngapain, kita sempet ngiter-ngiter bentar. Maklum, ini pertama kalinya kami berdua masuk kompleks RBC ini. Di dalam ada macem-macem tempat makan, kayak Local Pantry, Kedai Buk Mey, sama BierHouse. Di sana juga ada hotel Grand Elite, Cozy, dll. Setelah ngiter, kami pun mutusin buat mlipir ke Ciput dulu. Pas sampe Ciput, gue langsung buka IG tan’s kopitiam. Gue nanyain mereka buka atau gak hari itu. Rupanya, mereka untuk sementara buka jam 11 siang. Kata adminnya doi lupa ganti bio di IG, gak lama emang bio di IG mereka diganti jadi jam 11. Pas udah jam 11-an, kami balik lagi ke sana. Ternyata udah buka dan udah ada aja yg nangkring di sana. Begitu duduk, mbak waitressnya langsung nyamperin bawain menu. Mbaknya ramah sih, cekatan juga kayaknya. Kalo diperhatiin kemaren, waitressnya cuma satu sama kayaknya yg dikasir, yg masak, semua keluarganya si owner deh. Kayaknya si owner juga sesekali turun tangan ngelayanin customer pas tempatnya mulai rame. Tapi gak tau juga sih.hahaha..
Back to menu, si Chigun yg dari kemaren-kemaren ngilier banget liat Yee Mee Sizzling akhirnya mesen itu. Gue mesennya Claypot Yee Mee, untuk minum kami berdua sama-sama mesen ice lemon tea. Gak nyampe 15 menit, menu pesenan kami berdua dateng. Claypot gue begitu dibuka tutupnya, asapnya langsung ngepul gitu sama juga kuahnya masih berbuih-buih gitu. Gue sampe keceplosan ngomong “wuihhh” karena takjub ngeliatnya :D Yee Mee Sizzling si Chigun juga gak kalah menggoda. Piringnya hot plate lebar gitu, tampilannya juga seru.

Claypot Yee Mee 27rb

Claypotnya ini wadah yg katanya bisa jaga kehangatan dari mie nya, jadi mau ngobrol lama-lama juga gak bakal dingin (gitu katanya yg gue liat di IG). Tapi tetep aja dingin ujung-ujungnya, panasnya Cuma 10-15menit di awal aja. Gue awalnya ragu mau mesen yg Yee Mee atau Curry Yee Mee, berhubung gue suka yg berkuah bening jadinya ya order yee mee ini. Kalo yg kari, kuahnya warna kuning gitu sama pake santan (kalo gak salah), harganya 28rb. Pertama yg gue coba ya kuahnya yg berbuih-buih itu. Wuiihhh, enak euy. Gurih banget, sesuai ekspektasi enaknya. Terus gue cicipin kuah sizzling si Chigun yg warnanya cokelat bgt (gue kira manis&rasa kecap), rupanya enak ding.  Gak manis kayaknya yg gue duga, sedapppp. Akhirnya gue cobain mie nya yg lurus bulat itu, di dalam yee mee gue ada potongan bakso ikan, sawi, wortel, kol, ebi, jamur kancing (kalo gak salah) sama atasnya dikasi bawang goreng. Semua isinya gue suka, kecuali bakso ikannya. Menurut gue rasa bakso ikannya amis, beda sama bakso-bakso ikan yg pernah gue coba. Si Chigun juga bilang gitu, tapi doi tetep aja dimakannya. Jadi bakso ikan punya gue ditransfer ke sizzling dia.hahahah... Yg paling enak dari claypot gue itu ya kuahnya, gurih-gurih syahdu, nenangin jiwa banget #eaaaa Oiya, untuk Claypot gue sama Sizzling disedian kecap pedes (rasanya mirip cuko pempek) sama acar cabe rawit. Pertamanya gue gak mau nyentuh itu kecap, karena emang gue gak doyan kecap. Tapi gue penasaran, jadi gue colek dikit eh taunya enak. Jadi gue masukin semua keYee Mee gue. Cabe rawitnya juga gue penasaran, gue ambil satu dan wuasssseeeemmm soro. Gak kuat gue, untung si Chigun gak nyobain. Kuahnya pas udah dicampur kecap tadi tetep dinikmat, malah bertambah. Si Chigun kayaknya demen sama kuah yee mee gue, soalnya doi sering nyicipinnya :D Emang enak sih, boleh lah ini.hehehe

Yee Mee Sizzling 27rb


Yg ini menu baru di sini dan lagi hits banget di IG. Kuahnya yang  bening kecokelatan, bikin Chigun ngidam gak ketulungan :p Awalnya kami sempet worried takut rasanya gak sesuai sama yg diharapkan, untungnya terselamatkan alias not bad. Cuma sizzling nya gak segede yg di IG, agak gede aja. Seandainya gue sama Chigun makan satu berdua, bisa cakar-cakaran juga itu.hahahah :)) Sizzling ini isinya rumput laut, sayur sebiji, crabstick dua biji, bakso ikan tiga biji, potongan ayam kecil-kecil sama telor mata sapi (ini bisa request mau setengah mateng atau gak). Di atas telornya ada taburan lada gitu. Kalo kata Chigun, sizzling ini enak-enak aja sih. Kalo dari segi kuah, emang enak sih menurut gue. Cuma keseluruhan, gue gak tau. Soalnya gak nyicipin semuanya. Gak mengecewakan lah, worth it sama harganya.

Oiya, kami berdua (lebih tepatnya gue) agak gondok sama ice lemon tea yg kita pesen. Soalnya lemon tea nya kelewat asem, banget. Rasanya rada aneh gitu, gak enak banget. Seumur-umur baru ini gue nemu lemon tea yg asemnya gak sopan dan aneh gitu. Biasanya seasem-asemnya lemon tea, gue masih demen-demen aja tapi yg satu ini cukup sekali lah. Di dalem lemon tea-nya dimasukin satu potong kecil lemon. Gelasnya gak terlalu gede, ramping gitu. Yg bikin nyesek itu ya harganya. Menurut gue buat minuman se-undescribe itu, harganya gak sesuai. Unless mereka pake product import, yg seharusnya kalo gitu ditulis di menu. Jadinya kita bisa maklum kalo harganya mahal karena mereka pake produk import. Tapi kalo gak, ya rada kelewatan juga menurut gue. Minuman yg satu ini gak gue recommend deh buat kalian coba, unless kalian emang pecinta yg asem-asem.  Harga satu gelasnya 18rb, seandainya kami tau dari awal harganya segitu (re: dicantumin harganya), pasti kami gak mesen itu. Mending mesen minum yg 20rb-an sekalian kayak monster oreo, kopi-kopian, dkk, yg mahal sekalian. Daripada beli yg harganya mahal, tapi rasanya gaje. Kecewa bin nyesek geng. Gue juga sering minum lemon tea yg harganya 15rb-an (mulai dari gelas ramping-standard), tapi rasanya enak bos. Jelas, jadi sesuai sama harga. Kalo seandainya sesuai, gue mah gak bakal nyesek. Ini gak. Cukstawlah pokoknya. Kapok gue.

FYI, makan di sini dikenai pajak 10% ya sama di list menu gak dicantumin harganya, jadi hati-hati bisa menyebabkan rawan kecelakaan kantong :’D Just an advice sih, mending harga menunya dicantumin lah. Biar orang tau dan gak overbudget +kaget juga. Kasian yg mahasiswa kayak gue begini, langsung berasap kantong dibikinnya :’)
Total kemelesetan hari itu 99rb rupiah, include pajak 10% =  9900, kembaliannya pas banget uang receh 500 dua biji.hahahahah :’D

Before the brutality got started :D

Licin cin cinnn

Point:
Claypot Yee Mee: 7,5
Lemon Tea: 3,5
Sizzling: 6,5 (kata Chigun)
IDR: Claypot Yee Mee sama Yee Mee Sizzling 27rb sama Lemon Tea 18rb
Facility: WIFI (Ada), AC (Gak ada, ruang terbuka, pake kipas)
Open Hours: 11.00-23.00 WIB


Lokasi: Jl. Riau, kompleks RBC Grand Elite  (deket  Ciput). Di sebelah kana, depan Massa Kopi.
NB: menurut info di IG, Sizzlingnya cepet habis. Sama kalo dateng lebih awal, karena kalo dateng pas jam makan siang bisa ngantri lama. Yg malam juga sering gak kebagian sizzling karena keburu habis. Dan tan’s kopitiam ini 100% halal.

No comments:

Post a Comment